Tren meningkatnya jumlah penderita covid-19 pasca-Lebaran di beberapa wilayah di Indonesia perlu mendapat perhatian serius baik oleh Pemerintah Pusat,pemerintah Provinsi, Kota maupun Kabupaten.

Perhatian serius itu tidak hanya dengan mengaktifkan kembali ruang-ruang perawatan pasien covid-19, mempersiapkan obat-obatan, dan alat pelindung bagi tenaga kesehatan. Tetapi juga dengan meningkatkan lagi edukasi ke masyarakat tentang pentingnya mematahui protokol kesehatan dari pemerintah.

Masa pandemi yang telah melewati waktu setahun lebih itu terbilang lama. Belum lagi ketidakpastian mengenai kapan wabah ini berakhir, bisa saja membuat masyarakat jadi lengah.

Sumber foto: Infocovid-19 sinjai.kab.go.id

Berikut ini 7 langkah praktis yang dapat warga lakukan untuk mencegah infeksi virus Corona antara lain:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, atau dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol, terutama sebelum dan sesudah bersin, batuk, atau makan, juga sehabis dari toilet.
  2. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan bagian dalam, lalu segera buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah.
  3. Hindari kontak jarak dekat dengan penderita flu atau batuk.
  4. Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  5. Lakukan olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup.
  6. Jangan merokok dan hindari asap rokok.
  7. Jaga kebersihan lingkungan.

Selain menerapkan perilaku hidup sehat, warga disarankan untuk tidak bepergian ke tempat yang sudah memiliki kasus infeksi atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus Corona.

Jika ada warga mengalami demam, batuk, atau sesak napas, segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.