Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Dapil NTT 1 Melchias Markus Mekeng dan Bank Indonesia kembali salurkan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Lembata NTT.

Penyaluran sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 bersamaan dengan bencana siklon tropis seroja yang menimpa wilayah NTT dimana di Kabupaten Lembata terdapat 34 orang meninggal dunia  dan 35 orang masih dalam pencarian dan sempat dikunjungi Presiden Jokowi pada 9 April 2021 silam.

Adapun penyaluran sembako Covid-19 berlangsung sejak 21 April sampai  02 Mei 2021 di enam kecamatan di Kabupaten Lembata diantaranya Kecamatan Nubatukan Kecamatan Ile Ape, Kecamatan Ile Ape Timur, Kecamatan Lebatukan dan Kecamatan Omesuri dan Buyasuri yang juga mengalami dampak bencana banjir badang.

Foto: Penyerahan Sembako di Kecamatan Lebatukan dan Kecamatan Ile Ape

Alexander Atawolo Tenaga Ahli DPR RI yang menyerahkan langsung bantuan mewakili Bank Indonesia dan Bapak Melchias Markus Mekeng mengatakan, “Bantuan Covid-19 ini bertepatan dengan bencana siklon tropis seroja, sehingga fokus bantuan kali ini kami arahkan ke daerah-daerah yang menjadi titik bencana, khususnya kepada  pengungsi mandiri yang berada di rumah-rumah penduduk di kota Lewoleba dan desa pesisir di Lebatukan serta di  pondok-pondok”. Alex Atawolo menambahkan, sebanyak 1200 Paket sembako disalurkan, semoga dapat meringakan beban ekonomi keluarga-keluarga yang terdampak Covid-19 dan terdampak bencana banjir badang.

Penyaluran sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 sudah berlangsung sejak tahun 2020.  Untuk penyaluran kali ini, Bank Indonesia dan Anggota DPR RI Bapak Melchias Markus Mekeng bekerjasama dengan


Foto : Penyerahan Sembako di Kec. Nubatukan

 

Yayasan Vitae. Ketua Yayasan Vitae Ibu Veronika menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari Bank Indonesia dan Bapak Melchias Markus Mekeng untuk menyalurkan Bantuan sembako Covid-19. “Bantuan ini sangat bermanfaat pada situasi dan kondisi bertepatan dengan bencana banjir badang yang menimpa Kabupaten Lembata tanggal 4 April 2021 lalu.

 Selain peruntukan bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19, penyaluran bantuan ini juga menyasar korban bencana banjir yang juga adalah masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan ini sangat tetap sasaran dan dirasakan sangat membantu dalam situasi bencana.  

Selain itu, dalam situasi darurat bencana dan banyaknya warga yang mengungsi ke rumah-rumah warga, untuk menjaga protap kesehatan Covid-19  saat  konfrensi pers secara Virtual  Kepala BNPB Letjen TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo telah memberikan instruksi  kepada koordinator di setiap pos pengungsian untuk mensosialisasikan pemahaman mengenai Covid-19. Hal tersebut dapat bermanfaat bagi warga terdampak untuk dapat mengidentifikasi kondisi kesehatan sejak dini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 dalam salah satu langkah penanganan pasca bencana.

Di tengah situasi bencana siklon tropis seroja  program vaksinasi Covid-19 terus digelar pemerintah Kabupaten Lembata. Vaksinasi Covid-19 tahap dua menyasar 600 pekerja publik setelah vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Lembata sejak 3 Februari lalu.

 YK