LEMBATA, SATUMERAHPUTIH.COM – Anggota DPR RI asal Provinsi Nusa Tenggara Timur Melchias Markus Mekeng kembali melakukan aksi sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Lembata NTT. Aksi ini dilakukan Mekeng dalam kerjasama dengan Bank Indonesia melalui program Sosial Tanggap Darurat Covid-19.

Kegiatan tersebut berlangsung di 3 (empat) Kecamatan, yakni Kecamatan Nubatukan, Atadei, Nagawutung dan Ile Ape. Sebanyak 1200 paket sembako dibagikan kepada berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Peterus Gero serta beberapa kader Partai Golkar dan Relawan Mekeng Lembata aktif membagikan sembako kepada masyarakat dengan turun langsung dari rumah-ke rumah penduduk.

Saat membagikan Sembako, Piter Gero Ketua DPRD Lembata sekaligus Ketua Golkar Lembata menyampaikan terima kasih kepada Bapak Melchias Mekeng dan Bank Indonesia karena program sosial bantuan sembako ini telah dilakukan beberapa kali di Lembata sejak tahun 2020 silam dan itu sangat membantu masyarakat. Selain itu aksi sosial ini juga hampir menyasar semua segmen masyarakat di Lembata dan sembilan kecamatan.

Mewakili masyarakat Atadei desa Kalikasa Simon Wuwur juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia dan Bapak Melchias Mekeng karena bantuan paket sembako sangat bermanfaat dotengah situasi krisis akibat covid 19. Pa Mekeng, semoga Tuhan memberikan kesehatan dan berkat untuk Bapa sekeluarga dan juga pihak Bank Indonesia yg telah mengurus program ini agar dapat membantu kami masyarakat kecil di pelosok NTT.

Apaun melalui pesan WA saat dihubungi Bapak Melchias Mekeng menyatakan “Paket bantuan sembako ini tidak seberapa dibanding dampak Pandemi Covid yang dilamai Bapa Ibu, kiranya Paket ini dapat memabntu meringankan beban hidup, semoga dapat diterima dan tetap optimis disat situasi ekonomi mulai kembali pulih. Mekeng juga mengingatkan masyarakat untuk harus mendaftarkan diri untuk menerima Vaksin Covid-19 sehingga terciptanya kekebalan tubuh.” 

Adapun paket sembako yang dibagikan kali ini berbeda dengan paket-paket sebelumnya dimana hatus mengakomodir Pangan Lokal. Olehkarena itu Beras Jagung dan Kacang Tanah menjadi pilihan dimana Jagung dan Kacang Tanah dibeli dari Masyarakat di tujuh desa di Kecamatan Atadei. Melalui program ini dampak langsung sangat dirasakan oleh masyarakat karena jagung dan kacang tanah hasil panen mereka langsung terserap untuk program sosial Bapak Melchias Mekeng dan Bank Indonesia.

Adapun paket sembako terdiri dari Beras Jagung, Kacang Tanah, Beras, Minyak Goreng, Kopi, Gula, Mie Instant dan Teh. Paket sembako tersebut didistribusikan hingga kampung-kampung di daerah peggunungan dan pesisir seperti Desa Pasir Putih, Baobolak, Mingar, Kolilerek, Bunga Muda, Watuwawer dan beberapa desa lain serta masyarakat dalam kota Lewoleba.

Menurut Yongki Warat, Koordinator Relawan Mekeng Lembata saat ditemui mengatakan, “Aksi Sosial Bank Indonesia di Lembata melalui aspirasi Bapak Melchias Mekeng selama ini tidak sebatas pembagian Sembako untuk masyarakat yang rentan akibat pandemi Covid 19, akan tetapi kegiatan sosial lain seperti kepedulian sosial untuk Rumah Ibadah dan Bantuan untuk Usaha Kecil dan Menengah”. Yongki menambahkan, aksi sosial terkhusus pembagian sembako dari Bank Indonesia dan Bapak Melchias Markus Mekeng tahun ini sudah sebanyak empat kali, namun jika ditambah dengan bencana seroja dan bencana Gunung Ile Lewotolok maka tahun ini aksi sosial dilakukan sebanyak lima kali.

Sementara mewakili masyarakat penerima bantuan, Ibu Teheresia Bita, menyampaikan terima kasih Kepada Bank Indonesia dan Bapak Melchias Mekeng karena masih mengingat masyarakat kecil di kampung-kampung, terima kasih banyak semoga Tuhan membebrikan berkat berlimaph untuk Bapak dan semua saja yang terlibat”. (FX)