Ketua KPU Hasim Asy’ari diterima oleh Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) beserta para Uskup Presidium KWI di Wisma KWI Jl. Kemiri No.15, Menteng, Jakarta Pusat/Foto: JLW-Satumerahputih

JAKARTA,SATUMERAHPUTIH – Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengunjungi Pimpinan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Rabu (18/1/2023). Tiba di Wisma KWI di Jl. Kemiri sekitar pukul 12.30 WIB, Hasyim disambut hangat oleh Ketua KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin beserta para Uskup Presidium KWI.

Kepada Ketua KWI dan para Uskup Presidium KWI, Hasyim menyampaikan bahwa kunjungan KPU ke KWI dalam rangka bersinergi bersama lembaga keagamaan guna menghadapi pemilu 2024. Sinergi antara KPU dan KWI lebih pada membangun peran para pemuka agama Katolik di Indonesia agar dapat mendorong warga dan jemaat Katolik Indonesia terlibat aktif dalam pemilu serta mampu menciptakan kondisi yang aman dan damai.

“Kami mohon dukungan, bantuan kerja sama dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Kami menyadari, KPU tidak bisa bekerja sendiri. Kami berharap, para pemuka agama, termasuk pemuka agama Gereja Katolik Indonesia dapat membantu KPU dengan memberikan seruan terkait pemilu nanti”, ujar Hasyim.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari didampingi Anggota KPU RI August Mellaz dalam acara dialong dengan Pimpinan Konferensi Waligereja Indonesia/Foto:JLW-Satumerahputih

Menanggapi permintaan Hasyim, Ketua Presidium KWI, Mgr Antonius Subianto Bunjamin, OSc menyatakan Gereja Katolik Indonesia selalu siap untuk bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan KPU guna mensukseskan Pemilu 2024. Uskup Antonius Subianto bahkan menyebut bahwa Pemilu itu bukan hanya pesta demokrasi tetapi juga Pemilu 2024 harus dipandang spandang sebagai sarana Integrasi Bangsa. Oleh karenanya, Ketua KWI Periode 2022-2025 itu memastikan bahwa dirinya dan para pemuka agama Katolik akan merangkul warga dan jemaat Katolik untuk tidak hanya menjadi pemilih, tetapi juga terlibat aktif sebagai penyelenggara Pemilu.

“Jadi kami sangat mendukung pekerjaan, bakti para pemimpin KPU. Kita tinggal melaksanakan apa yang menjadi visi dan misi KPU yang selalu digaungkan ke mana-mana, yaitu mewujudkan pemilu sebagai saran integrasi bangsa,” ucap Uskup Antonius Subianto Bunjamin, OSC.

Kunjungan KPU RI ke KWI ini merupakan kelanjutan dari kunjungan ke sejumlah Lembaga keagamaan yang telah dilakukan sejak awal bulan ini. Sebelumnya KPU telah melakukan kunjungan ke Muhamadiyah, ke Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), dan beberapa sejumlah lembaga keagamaan lainnya.

Dalam kunjungan ke KWI kali ini, Hasyim ditemani oleh Anggota KPU RI August Mellaz beserta tim protokol KPU. Sementara dari KWI, selain Ketua KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, hadir pula Dewan Pimpinan KWI lainnya seperti Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Mgr. Yustinus Harjosusanto, MSF, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM, Mgr. Kornelus Sipayung, OFM, Mgr. Dominikus Saku, Mgr. Valentinus Saeng, CP, dan Mgr. Benedictus Estephanus Rollu Untu, MSC. *JLW*