LEWOLEBA,Satumerahputih.com – Kepala Kepolisian Resort Lembata AKBP Dr. Josephien Vivick Tjangkung menyampaikan salam perpisahannya kepada masyarakat Lembata menyusul surat perintah mutasi Kapolri dengan Nomor Sprin/1/ 1054/IV/KEP/2024 tanggal 30 April 2024 tentang penugasan anggota Polri di lingkungan Badan Narkotika sebagai Kepala BNN Kota Tangerang.

“Dengan penuh rasa hormat, saya AKBP Josephien Vivick Tjangkung selaku Kapolres Lembata ingin menyampaikan salam perpisahan karena akan bertugas ke tempat yang baru”, demikian pesan awal perpisahan sebagaimana disampaikan AKBP Vivick dalam WAG “Ata Lembata.

Selain menyampaikan salam perpisahan, Vivick yang telah menjalani masa bhakti selama 1.3 tahun sebagai Kapolres Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur juga menyampaikan terima kasih dan harapannya kepada Kapolda NTT beserta jajarannya, Unsur Forkompida Lembata dan seluruh lapisan masyarakat Lembata.

“Terima kasih tak terhingga kepada Bapak Kapolda NTT, PJU Polda NTT atas arahan, dukungan dan bimbingan yang luar biasa selama saya bertugas di lembata, tak lupa juga rekan-rekan Kapolres di Wilkum Polda NTT atas sinergi dan kerjasamanya”.

“Tak lupa ucapan terimakasih yang mendalam saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lembata. Saya sungguh beruntung dapat mengabdi di kampung halaman sendiri dengan masyarakat yang begitu ramah dan bersahabat”, tulis Vivick.

Meski masa bhaktinya terbilang singkat, hanya 1.3 tahun, Vivick mengaku terkesan dengan masyarakat Lembata.

“Masyarakat Lembata adalah kekuatan yang mendorong saya untuk berjuang demi kebaikan bersama. Semangat gotong royong dan kepedulian menjadi cerminan dari kearifan Lembata yang sangat berharga”.

Para tokoh dan intelektual muda yang bergabung dalam WAG “Ata Lembata” lantas memberikan tanggapan mereka atas terhadap kehadiran dan kinerja AKBP Vivick Tjangkung selama menjadi Kapolres Lembata.

Geradi Tukan, intelektual muda Lembata yang tinggal di Kupang, misalnya, mengaku berkesan dan menaruh simpati terhadap pola pendekatan Wanita asal Kampung Lamalera, Lembata.

“Saya sangat simpatik dengan cara pendekatan Bu Kapolres dengan masyarakat. Unik, inovatif dan membuat institusi jadi sangat dekat dengan masyarakat. Kereeen. Sebelum Bu datang di Lembata, saya diminta oleh Polres Lembata membuat lagu Mars Promote Polri, yang dinyanyikan oleh Polres Lembata. Terimakasih banyak atas pengabdian yang singkat namun berkesan dan mohon maaf sebanyaknya jika ada hal yang telah membuat ibu tersinggung, kecewa, marah, tak nyaman”.

Apresiasi juga datang dari intelektual muda lainnya seperti Ansel Deri Mudaj. Ansel menyampaikan terimakasih

“Terima kasih kembali Kapolres Lembata, ina Dr @Ibu Vivick Kapolres Lembata. Pengabdianmu selama di Polres Lembata, tanah leluhur menjadi catatan sejarah penting bagi pemerintah dan masyarakat, terutama generasi muda. Selamat pula mengemban tugas di Polda Banten. Mori sembeng. Salam ke Lewoleba”, tulis Ansel Deri.

Kehadiran dan pengabdian AKBP Vivick Tjangkung sebagai Kapolres Perempuan pertama di NTT khususunya di Lembata ini diakui masyarakat telah memberi kesan positif bagi lembaga penegak hukum di Lembata. Sejak awal bertugas Vivick hadir dengan sejumlah gebrakannya seperti giat patroli malam hingga sidak pembongkaran BBM di pelabuhan laut Lewoleba, Lembata, NTT.

Penulis: John Laba Wujon/Jakarta