Fitur peta/lokasi pada google maps/Foto:Image

Berkat perkembangan dan kecanggihan teknologi dewasa ini, orang tua  makin mudah mengawasi anak ketika berada di luar rumah. Sebuah fitur google dengan nama family link membantu untuk menemukan dan mengelola lokasi perangkat android anak.

Melansir Tempo.Co, sejumlah langkah perlu dilakukan untuk menggunakan aplikasi family link. Langkah awalnya pengguna dalam hal ini orang tua dapat memilih setelan lokasi anak. Jika setelan lokasi tertentu telah diaktifkan, nantinya memungkinkan untuk melihat lokasi perangkat android anak di aplikasi family link.

Setelah itu, pengguna dapat membuka aplikasi Family Link. Kemudian Pilih anak Anda dan pada kartu “Lokasi”, tap Siapkan.

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan setelan yang diperlukan untuk melihat lokasi anak Anda. Tap Aktifkan lalu tunggu hingga 30 menit untuk melihat lokasi perangkat anak Anda tersebut.

Pada tahapan berikutnya, kita juga bisa mengubah setelan lokasi anak dengan mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan Lihat lokasi anak Anda di aplikasi Family Link.

Ternyata melalui aplikasi ini, pengguna tidak hanya dibantu untuk mengawasi keberadaan anak saja tetapi juga untuk melihat histori lokasi yang pernah dikunjungi si anak. Tetapi tidak semua anak bisa menggunakan fitur itu. Karena family linki hanya diperuntukan bagi anak-anak yang berusia 13 tahun ke atas atau anak-anak yang orang tuanya memberikan izin agar dapat terus menggunakan akun fitur Google tersebut.

Perlu diingat pula bahwa dengan menggunakan fitur Google masalah bisa saja tetap muncul. Hal ini bisa terjadi karena pengguna tidak bisa melihat lokasi anak. Sebabnya yaitu perangkat anak dimatikan, perangkat android tidak terhubung dengan internet, dan perangkat belum lam digunakan.