SATUMERAHPUTIH.COM,JAKARTA – Peristiwa yang menimpa Eriksen melecut semangat Timnas Denmark di pertandingan terakhir Grup B, Euro 2020, Selasa, (22/06/2021). Pemain Inter Milan itu benar-benar menjadi inspirasi timya untuk lolos ke 16 besar.

Tim yang berjuluk The Dinamit sempat terpukul di awal kiprahnya di Euro 2020. Salah satu pemain kuncinya, Christian Eriksen, kolaps di tengah pertandingan melawan Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen.

Eriksen mengalami henti jantung pada menit ke-43. Untunglah, nyawa gelandang 29 tahun itu bisa terselamatkan.

Tragedi kolabs yang dialami Eriksen juga mempengaruhi mentalitas tim pada dua laga awal Denmark yang berakhir dengan kekalahan. Peluang untuk lolos ke 16 besar pun seolah tertutup dengan kekalahan 0-1 dari Finlandia dan 1-2 dari Belgia. Dua kekalahan tersebut sekaligus menghantar tim asuhan Kasper Hjulmand terlempar ke dasar klasemen. Namun, dengan kemenangan 4-1 atas Rusia dan di pertadingan lainnya kekalahan 0-2 Finlandia dari Belgia pada waktu yang bersamaan, mampu menyelamatkan Denmark secara dramatis.

Tim Dinamit pun melenggang ke babak 16 besar Euro 2020 dengan status runner up Grup B. Juara Euro 1992 tersebut, meski mengantongi poin 3, yang mana sama juga dengan yang diperoleh Finlandia dan Rusia, namun berhak menempati posisi kedua berkat keunggulan gol.

Usai kelolosan timnya, Hjulmand memperlihatkan sebuah cincin di jarinya. Setelah ditelusuri, ternyata cincin yang dikenakakannya tersebut sebagai bentuk tribut dan penghormatan kepada Christian Eriksen yang juga adalah inspirator tim.

“Saya tidak pernah mengenakan perhiasan sepanjang hidup saya. Ini pertama kalinya saya pakai. Selama sepakbola di sini, juga Christian, yang ada di sini bersama saya,” kata Hjulmand kepada TV3+ Denmark, sambil memperlihatkan cincin di jarinya.

“Saya mengenakannya bersama sepanjang jalan. Saya sering memikirkannya, dan dia, seperti yang selalu saya katakan, yang adalah jantung tim kami. Kami berjuang demi dia hari ini.”

“Dia adalah inspirasi yang luar biasa bagi kami,” ujarnya.

Timnas Denmark selanjutnya akan ditunggu lawannya, Wales di babak 16 besar Euro 2020. Laga sedianya akan digelar di Johan Cruyf Arena, Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/6) malam WIB. (*Riky Hayon)