SATUMERAHPUTIH.COM, JAKARTA – Anggota DPR RI asal Provinsi Nusa Tenggara Timur Melchias Markus Mekeng kembali melakukan aksi sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Nusa Tenggara Timur. Aksi ini dilakukan Mekeng dalam kerjasama dengan Bank Indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung di 6 (enam) Kecamatan, yakni Kecamatan Nubatukan, Atadei, Lebatukan, Wulandoni, Ile Ape dan Nagawutung. Sebanyak 1200 paket sembako dibagikan kepada orang tua dan jompo yang yang menjadi kelompok rentan bencana.

Beberapa anggota DPRD Kabupaten Lembata, Peterus Gero dan Simon Beduli serta beberapa kader Partai Golkar dan Relawan Mekeng Lembata aktif membagikan sembako kepada masyarakat dengan turun langsung dari rumah-ke rumah penduduk.

Saat melakukan kunjungan kerja Lembata 12/11/2021 Bapak Melchias Mekeng juga sempat mengunjungi daerah Lebatukan desa Hadakewa dan Ile Ape Desa Kolontobo serta Lewoleba sekaligus membagikan Sembako secara simbolis kepada masyarakat. “Paket bantuan sembako ini tidak seberapa dibanding dampak Pandemi Covid yang dilamai Bapa Ibu, kiranya Paket ini dapat memabntu meringankan beban hidup, semoga dapat diterima dan tetap optimis disat situasi ekonomi mulai kembali pulih. Mekeng juga mengingatkan masyarakat untuk harus mendaftarkan diri untuk menerima Vaksin Covid-19 sehingga terciptanya kekebalan tubuh.” 

“Aksi sosial dari Pa Mekeng dan Bank Indonesia sejak Pandemi Covid-19 dan saat bencana Seroja serta saat Bencana Letusan Gunung Ile Lewotolok sangat membantu masyarakat Lembata, kebetulan saya terlibat langsung dalam aksi-aksi sosial ini sehingga saya tau persis bahwa bantuan selama ini tepat sasaran. Mewakili masyarakat Lembata, saya mengucapkan Limpah terima kasih kepada Bank Indonesia dan Bapak Melchias Markus Mekeng, semoga bermanfaat untuk masyarakat, ujar Petrus Gero Ketua DPRD Kabupaten Lembata.”

Adapun paket yang dibagikan terdiri dari Beras, Minyak Goreng, Kopi, Gula, Mie Instant dan Sabun. Paket sembako tersebut didistribusikan hingga kampung-kampung di daerah peggunungan dan pesisir seperti Desa Lusilame dan Desa Mulankera, Baobolak, Wai Enga, Kalikasa serta Desa-Desa di Kecamatan Nubatukan.

Menurut Yongki Warat, Koordinator Relawan Mekeng Lembata saat ditemui mengatakan, “Aksi Sosial Bank Indonesia di Lembata melalui aspirasi Bapak Melchias Mekeng selama ini tidak sebatas pembagian Sembako untuk masyarakat yang rentan akibat pandemi Covid 19, akan tetapi kegiatan sosial lain seperti kepedulian sosial untuk Rumah Ibadah dan Bantuan untuk Usaha Kecil dan Menengah”. Yongki menambahkan, aksi sosial terkhusus pembagian sembako dari Bank Indonesia dan Bapak Melchias Markus Mekeng tahun ini sudah sebanyak tiga kali, namun jika ditambah dengan bencana seroja dan bencana Gunung Ile Lewotolok maka tahun ini aksi sosial dilakukan sebanyak lima kali.

Sementara mewakili masyarakat penerima bantuan, Ibu Teheresia Bita, menyampaikan terima kasih Kepada Bank Indonesia dan Bapak Melchias Mekeng karena masih mengingat masyarakat kecil di kampung-kampung, terima kasih banyak semoga Tuhan membebrikan berkat berlimaph untuk Bapak dan semua saja yang terlibat”. (FX)