SATUMERAHPUTIH.COM, JAKARTA – Rangkaian hari pertama test MotoGP Mandalika pada Jumat (11/2/2022) mendapat kesan beragam dari para pebalap MotoGP.

Pebalap Franco Morbidelli dari Monster Energy Yamaha, misalnya, mengungkapkan bahwa kondisi lintasan berbahaya disebabkan banyak kotoran. Menurutnya, keadaan seperti itu sangat berbahaya bagi para pebalap.

“Berbahaya berkendara di lintasan kotor dengan motor MotoGP. Ini sangat berbahaya. Tidak ada yang ingin keluar dari treks”, kata Morbidelli, dilansir dari Motorsport.

Hampir senada dengan Morbidelli, pebalap Aleix Esparagaro mengatakan bahwa lintasan kotor di Sirkuit Mandalika seharusnya tidak bisa dilewati.

“Treknya belum siap, Anda tidak bisa mengemudi dengan benar di awal. Itu sangat berbahaya. Kami memang sudah terbiasa dengan trek berdebu. Situasi serupa terjadi di Sikuit Losail, Doha,” ujar Aleix, melansir Speedweek.com.

Alei menambahkan, “Di lintasan Losail, kami selalu menemukan banyak pasir pada hari pertama. Lalu, setelah beberapa putaran, tidak apa-apa.”  

Pasca hujan yang mengguyur Sirkuit Mandalika sehari sebelum tes pramusim dimulai telah menyebabkan kondisi sirkuit berdebu, dipenuhi lumpur dan banyak kerikil. Namun setelah marshal membersihkan trek selama satu jam, tes pramusim MotoGP Mandalika pun kembali digelar. 

Penulis: John Laba Wujon

Dari Berbagai Sumber