Warga desa Atakore di Kecamatan Atadei Menerima paket bantuan sembako dari Anggota DPR RI asal NTT Bapak Melchias Markus Mekeng

Lembata,satumerahputih.com – Bank Indonesia dan Kelompok Pemuda Bantu Sesama serta Anggota DPR RI asal Provinsi Nusa Tenggara Timur Melchias Markus Mekeng membagikan paket sembako peduli Covid-19 kepada masyarakat di Kecamatan Atadei, Kecmatan Nagawutung dan Kecamatan Nubatukan. Aksi ini dilakukan Kelompok Pemuda Bantu Sesama dengan Bank Indonesia melalui program sosial tanggap darurat Covid-19.

Paket sembako yang dibagikan tidak hanya produk yang dibeli di kios-kios dan toko, akan tetapi menyerap produk lokal seperti beras jagung dan kacang tanah yang dibeli dari petani di Kecamatan Atadei. Ibu Maria Peni saat dihubungi merasa bersyukur karena Jagung dan Kacang tanah hasil kebunnya dapat dibeli, dan itu baru kali ini Jagung dan kacang tanah kami dibeli dalam jumlah banyak untuk dijadikan beras jagung oleh Kelompok Pemuda Bantu Sesama dan Bank Indonesia, terima kasih untuk yang mengurus, ujarnya.

Sementara mewakili masyarakat penerima bantuan, Bapak Kedang Ledjab dari Desa Atakore menyampaikan terima kasih kepada Bapak Melchias Mekeng dan Bank Indonesia karena program sosial bantuan sembako ini telah membantu masyarakat terkhusus kelompok rentan seperti para orang tua, janda dan yatim yang layak untuk mendapat bantuan paket sembako.  

Adapun paket sembako terdiri dari Beras Jagung, Kacang Tanah, Beras, Minyak Goreng, Kopi, Gula, Mie Instant dan Teh. Selain itu, Bapak Dominikus Keraf asal desa Nubaatalodjo melalui rekaman video menyampaikan terima kasih yang tak terhingga untuk Bank Indonesia dan Bapak Melchias Mekeng karena bantuan paket sembako sangat bermanfaat. Harapannya semoga Tuhan memberikan kesehatan dan berkat untuk Bapa sekeluarga dan para pejabat Bank Indonesia yg telah mengurus program ini sehingga kami yang berada jauh dipelosok negeri juga dapat terjamah.

Sementara itu melalui pesan WA saat dihubungi satumerahputih.com, Bapak Melchias Mekeng mengharapkan masyarakat penerima bantuan agar tetap optimis dalam situasi pemulihan ekonomi saat ini dan tetap menjaga kesehatan. Semoga dengan bantuan paket yang sederhana ini kiranya dapat menolong meringankan beban hidup Bapa Ibu saudara ku semua akibat diterpa pandemi Covid-19. Mekeng juga mengingatkan bahawa situasi ekonomi ke depan belum menentu akibat perang Rusia dan Ukraina dimana dampak dari itu sudah kita rasakan dengan kenaikan BBM dan dampak krisis pangan. Oleh karena itu, kepada masyarakat petani di Lembata untuk memperkuat ketahanan pangan disaat musim tanam kali ini dengan menanam tanaman pangan seperti Jagung, Umbi-Umbian, padi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi di tahun 2023.

Ibu-ibu di desa Lerek, Kecamatan Atadei penerima paket bantuan sosial tanggal darurat Covid-19 dari Bapak Melchias Markus Mekeng/Foto: Yosep

Adapun Bapak Yosep, Ketua Kelompok Pemuda Bantu Sesama mengapresiasi Bank Indonesia karena telah mewajibkan penyerapan produk-produk lokal untuk membantu masyarakat. Oleh karena itu Beras Jagung yang menjadi pangan lokal menjadi pilihan utama dan kacang tanah karena melalui dua produk ini dapat membantu banyak petani yang telah menjual jagung dan Kacang mereka untuk dijadikan paket bantuan sosial. Selain itu kios-kios kecil yang selama ini diterpa krisis akibat pandemi juga mendapat manfaat dari program ini melalui pengadaan paket lainnya seperti gula teh dan mie dan beras. (FX)